Hebatnya Kebiasaan Mr. Bams

Masa-masa sulit dikarenakan pandemi covid-19 yang berkepanjangan membuat pemerintah merubah tata sistem pendidikan di Indonesia. Berbagai model pengelolaan kelas melalui sistem dalam jaringan telah diterapkan guna pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menjadi sebuah tantangan bagi para pendidik termasuk penulis untuk berusaha belajar menggunakan berbagai akses internet untuk mempermudah kegiatan dari profesinya sebagai seorang pendidik. Mempelajari cara pembuatan dan penggunaan website dan blog adalah solusi pilihan yang tepat bagi penulis dalam mengelola kelas jarak jauh. 

Kesempatan itu diperoleh saat mengikuti kegiatan kuliah online ke 2 di komunitas belajar menulis gelombang 15 bersama Om jay dan PGRI. Penulis mengenal sesosok profil yang memiliki kesan begitu rendah hati, penyabar, dan religius. Senantiasa terpancar keramahan dari senyuman yang melekat di wajahnya. Beliau seorang guru, penyiar radio dan ketua RW di Bandung serta penulis sekaligus blogger handal dalam setiap karyanya yang  hebat. Bambang Purwanto, S. KOM, Gr. yang biasa di sapa dengan nama Mr. Bams lahir di Bandung tanggal 6 April 1974. Dari beliau kami mendapatkan materi bagaimana membangun kebiasaan menulis melalui blog. 

Mr. Bams mengatakan bahwa setiap ide bisa muncul tanpa mengenal waktu dan tempat. Setiap orang pasti mengalami sebuah proses untuk bisa membaca dan menulis sesuai perkembangan usianya yaitu diawali dari usia pendidikan dasar berlanjut di sekolah tingkat berikutnya. Karirnya di mulai sebagai seorang pendongeng di tahun 2004. Awal menjadi pendongeng berasal dari kebiasaan-kebiasaan beliau yang senang membaca dan mengumpulkan berbagai macam buku untuk menunjang referensi  bahan mendongengnya. Mengaku memiliki aliran sendiri sebagai seorang pendongeng yaitu dengan sebutan Ayah Salwa. Kemudian pada tahun 2008 beliau menjadi seorang guru dan mengajar di SMP Taruna Bakti sampai sekarang.

Dengan dukungan dari istri dan anak yg tercinta, beliau mendirikan Taman Bacaan Ayah Salwa di halaman rumah sederhananya sebagai bentuk kecintaannya terhadap gerakan literasi dan pengabdiannya kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Dari keikhlasan dan ketulusannya mengelola taman bacaan, akhirnya pada tahun 2011 Tuhan memberikan keberkahan kepada beliau dan keluarga sebuah rumah besar yang letaknya tidak terlalu jauh dari taman bacanya sehingga beliau lebih mudah untuk mengelola dan mengembangkannya. Di tahun berikutnya taman baca tersebut berkembang menjadi sangat pesat dan koleksi bukunya semakin banyak.

Tahun 2013 sebagai tonggak adanya gerakan literasi sekolah, berdirilah sebuah program budaya gemar membaca yang dilaksanakan pada sekolah-sekolah di Jawa Barat. Karena kepiawaiannya dalam literasi, beliau ditunjuk sebagai penata program literasi di tempatnya mengajar. Program literasi tersebut semakin berkembang dan berjalan sampai sekarang.  Pada tahun 2019 beliau di percaya menjadi ketua tim literasi di SMP taruna Bhakti dan terpilih menjadi Sekolah Literasi oleh Diknas Jawa Barat sebagai kategori utama. Pengalaman-pengalaman tersebut yang mendorong beliau untuk menuangkannya dalam berbagai bentuk tulisan yang kemudian menghantarkan beliau menjadi seorang penulis hebat.

Bergabung dalam kegiatan kelas menulis bersama om Jay di gelombang 8. Mr. Bams mempunyai blog pribadi pertama yang berkembang menjadi website bernama Pena.Mr.Bams.id. Di sanalah Mr. Bams membangun kebiasaan dan semangat menulis yang terus dikembangkan baik di instagram maupun websitenya berupa kalimat-kalimat bahagia Mr.Bams yang setiap harinya bisa kita lihat di blog dan websitenya.

Menurut Mr. Bams, kendala menulis di blog adalah saat melaksanakan komitmen dan konsisten sebagai seorang penulis. Kalimat-kalimat bahagia dari Mr. Bam bisa menjadi penyemangatnya untuk selalu komitmen menulis di blog sehingga konsistensinya sebagai blogger bisa di pertahankan. Motivasi lain untuk Mr. Bams kepada para penulis  adalah kemampuannya dalam berumus MAU (Motivasi, Aksi dan Unggul). Motivasi diri sendiri agar tetap konsisten menulis, Aksi untuk melaksanakan motivasi dan Aksi harus menjadi sebuah keunggulan yang nyata. Harapan dan Impian yang terangkum dalam rumus MAU bisa menjadi semangat bagi para pejuang blogger dan penulis lainnya. Hasil karya beliau sebagai wujud motivasi dalam membangun kebiasaan menulis yang sudah dibukukan adalah Ijinkan Aku Menulis Untukmu. Buku tersebut di bagikan di channel youtube beliau dengan alamat link:
Selain tulisan-tulisan berempati baik berupa pusi maupun karangan bebas, tulisan bermotivasi lainnya adalah rumus Hidup Bahagia. Buku tersebut dibuat pada tahun 2007.

Diakhir materi beliau memberikan tips menulis dan manfaat blog. Tips menulis dari beliau adalah:
  1. Menentukan tulisan apa yang akan di tulis di blog
  2. Memulai tulisan yang lebih sederhana 
  3. Menulis dilakukan secara terus menerus sebagai bekal pengalaman sehingga menjadi sebuah buku.
Sedangkan manfaat dalam menggunakan blog, yaitu: 
  1. Bisa menjadi media untuk kegiatan apapun
  2. Bisa digunakan sesuai keinginan dan kebutuhan pemiliknya.
Pesan singkat beliau kepada para penulis Indonesia,"Berbagilah pengalaman-pengalaman menarik di blog, karena dengan adanya pengalaman akan memberikan motivasi kepada penulis lainnya bahwa hari ini tulisan itu memang masih biasa tapi lama kelamaan akan menjadi tulisan yang luar biasa". Salam Literasi#Mr.Bams.


Komentar

  1. Lengkap ibu resumenya, bisa menjadi bahanrujukan bacaan teman yang belum memiliki blog. Selalau spasi sesudah tanda koma dantitik, ya?

    BalasHapus
  2. siiip lanjut menulis mumpung masih muda jangkauan masih panjang 👍👍

    BalasHapus
  3. kebiasaan Mr. Bams yang harus kita tiru ya bunda ....

    salam kenal ...monggo kalo mau berkunjung ke blog saya http://nurhidayati2010.com/?p=136

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya (Adaptasi). IPA Kelas 6 Semester 1

Menulis Dengan Cinta Alpiyanto